Friday, January 26, 2018

My First Skincare: Part 2

Melanjutkan cerita tentang skincare aku di post yang sebelumnya, kali ini adalah tentang make up, yaitu foundation, bedak dan make up remover. Aku baru tahu tentang tiga jenis produk itu—tahunya pun masih sepersepuluh-sepersepuluh (sebenarnya mau bilang setengah-setengah, tapi kenyataannya nggak sebesar itu) Hehehe.

Aku mulai kenal yang namanya bedak sebenarnya dari kecil, tentu saja karena ibuku punya dan pakai. TAPI aku baru mulai iseng pakai waktu kuliah, itu pun bisa dihitung dengan jari dan tipis-tipis. Hehe. Dulu sempat mencoba beberapa merk bedak, tapi belum ada yang cocok—entah itu karena warnanya yang kurang pas dan sering langsung jerawatan setelah bedakan. NAH KAN, pakai bedak aja jerawatan apalagi ditambah foundation. Oleh karena itu, aku menghindari banget yang namanya memakai bedak dan foundation.

NAMUN, ternyata akunya yang berpikiran sempit. Yang salah bukan bedak atau foundationnya, tapi cara pemakaian dan pilihan aku yang belum pas sama jenis dan warna kulit. Akhirnya, setelah beratus purnama sadar juga HEHE. TERNYATA YANG KURANG ADALAH MAKE UP REMOVER, karena facial foam dan toner saja ternyata belum cukup untuk membersihkan wajah (untuk mencegah kulit tersumbat yang membuat jerawat-jerawat muncul).

Berita gembira yang perlu aku ceritakan adalah, aku sudah menemukan jodoh bedak yang foundation yang setidaknya paling pas dan nyaman—dipakai dan dikantong. Aku awalnya hanya iseng coba-coba karena kebetulan harus ke kondangan (dan nggak ada teman yang bisa make up-in). Setelah membaca blog dan melihat vlog orang, aku membeli produk dari Wardah. Selain harga yang cukup terjangkau bagi pekerja serabutan macam aku (yang apabila ternyata tidak cocok, bisa dibuang atau dihibahkan tanpa merasa terlalu kehilangan karena terlalu sayang eh), merk ini insyaAllah halal.


Jadi ini dia foundation dan bedak aku ...
Aku pakai Wardah Luminous Liquid Foundation dengan warna Beige. Sebenarnya untuk merk Wardah ada empat jenis foundation yaitu Wardah Luminous Creamy Foundation, Wardah Luminous Liquid Foundation, Wardah Exclusive Liquid Foundation dan Wardah BB Cream dan Wardah C-Defense DD Cream. Terus terang aku nggak paham apa bedanya HEHE. Sejauh ini, aku sudah mencoba jenis pertama sampai ketiga, dan yang paling pas adalah yang kedua. Untuk produk jenis ini, ada 4 macam tingkatan warna yaitu natural white, light beige, beige dan white.

Konon, menurut banyak revieu, Wardah Luminous Liquid Foundation cocok untuk kulit normal agak berminyak dan warna cokelat. Aku setuju.
Selain itu, ketika dipakai, tidak lengket, tidak pecah-pecah, dan menyamarkan warna kulit yang kurang merata (meskipun tidak terlalu menutup bekas jerawat). Dan, kalau dipakai wudhu tidak sepenuhnya ilang lho. Secara garis besar, dia nyaman dipakai dan memberikan efek natural. Untuk pemakaian biasanya aku sekali oles saja (atau istilah blogger reviewernya satu layer), karena masih parno memakai foundation, TAPI itu sudah cukup kok. Harganya aku lupa, tapi yang jelas dibawah 50k.

Selanjutnya adalah bedak...
Aku memakai Wardah Luminous Face Powder, jenis bedak tabur warna beige atau nomor 2. Bedak untuk merk Wardah sendiri sebenarnya ada 8 macam--cukup membuat bingung mau pilih yang mana. Hahaha. Untuk Wardah Luminous Face Powder ada empat pilihan warna yaitu light beige, beige, ivory dan natural. Di aku, bedak ini cocok dipadukan dengan foundation yang sebelumnya aku ceritakan di atas. Ketika dipakai, wajah menjadi lebih tidak berminyak dan berkilap, karena konon mengandung oil control. Ringan saat dipakai.  Bedak jenis tabur direkomendasikan bagi pemilik kulit normal agak berminyak yang rentan jerawat. Untuk pengaplikasian aku menggunakan powder brush supaya lebih merata dan tidak terlalu tebal.

Dan yang terakhir adalah Wardah Make Up Remover
Ada dua jenis make up remover untuk brand Wardah yaitu Wardah EyeXpert dan Wardah Make Up Remover. Jenis yang pertama biasanya digunakan untuk membersihkan riasan mata (eye liner dan maskara) dan riasan bibir (lipstik yang biasanya matte). TAPI saat ini aku sedang mencoba jenis yang kedua, yaitu untuk menghapus bedak dan foundation. Kesan selama pemakaian adalah ampuh dan nyaman. Alhamdulillah cocok. NAH lagi-lagi aku lupa harganya. TAPI seperti harga produk untuk brand Wardah pada umumnya, harganya bersahabat kok.

No comments: